Label

Sabtu, 14 Januari 2012

Macam Macam Browser Komputer Serta Penjelasannya


Browser adalah software yang fungsinya menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan server web.

Saat pertama kali diciptakan, tampilan browser kurang menarik karena masih berupa teks. Karena itu kita pantas berterima kasih kepada Marc Andressen, seorang mahasiswa Amerika.


Dialah yang menciptakan web browser pertama dengan tampilan gambar hingga sekarang kita dapat menjumpai bermacam macam browser dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Ada bermacam-macam browser yang bisa kita gunakan untuk menjelajahi internet.

Macam-macam browser ini bisa digolongkan berdasarkan tampilan antar mukanya yaitu macam-macam browser dengan tampilan teks dan macam-macam browser dengan tampilan gambar.


A. Macam Macam Browser Tampilan Teks
Untuk browser tampilan teks ini, hanya akan menampilkan isi dari suatu halaman web berupa teks saja. Tombol-tombol perintah juga hanya berupa teks. Untuk membedakan teks biasa dengan suatu link ke halaman lain, biasanya teks yang berupa link ini akan diberi warna yang berbeda dan kursor mouse juga akan berubah bentuk.
Macam-macam browser yang masih menggunakan tampilan teks antara lain Lynx, Links, eLinks, w3m, dan Netrik.

B. Macam Macam Browser Tampilan Gambar
Seperti telah disebutkan di awal, browser dengan tampilan gambar merupakan penyempurnaan dari browser dengan tampilan teks saja. Dengan tampilan gambar ini akan menghilangkan rasa bosan yang ada pada pengguna ketika menjelajah internet .
Perintah-perintah bisa dimunculkan dalam bentuk gambar yang lebih menarik daripada sekedar teks, walaupun ada juga sebagian perintah seperti link ke suatu halaman web yang masih ditampilkan dalam bentuk teks .
Macam macam browser dengan tampilan gambar ini antara lain Mozilla Firefox, Internet Explorer, MSN Explorer , Salamander, Google Chrome, Comodo Dragon, dan masih banyak lagi browser dengan tampilan antar muka grafis yang lain.


Berdasarkan perangkat yang digunakan, ada dua jenis browser yaitu browser komputer yang digunakan untuk komputer dan browser handphone yang digunakan untuk handphone.

A Macam Macam Browser Komputer
Banyak sekali browser yang khusus diciptakan untuk komputer, baik itukomputer dengan sistem operasi Windows, Linux , maupun Macintosh.Masing-masing browser ini mempunyai spesifikasi khusus yang tidak bisa dipakai untuk Sistem Operasi lain. Bermacam-macam browser untuk komputer antara lain Mozilla Firefox , Internet Explorer, Opera, Safari, dan masih banyak lagi macam-macam browser yang lain

B. Macam-macam Browser untuk Handphone
Kebanyakan browser saat awal diciptakannya memang dikhususkan untuk digunakan pada komputer. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi handphone, maka browser untuk handphone ini juga mengalami perkembangan yang cukup pesat.
Macam macam browser untuk handphone ini antara lain Opera Mini, Bolt, UCWeb, Firefox, Tea Shark, dan masih banyak lagi macam-macam browser handphone yang lain.

Maka dari itu saya akan menyebutkan beberapa browser komputer dan penjelasannya.

1. Netscape Navigator
Netscape navigator adalah perangkat lunak penjelajah web yang terkenal di Era 90-an sebelum hadirnya internet explorer (IE) yang dikembangkan oleh netscape communication corporation serta dipelopori oleh mahasiswa lulusan NCSA (National Center of Supercomputer Application di University of Illionis) dan programer programer paruh waktu.
Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation.
Browser ini merupakan salah satu dari browser tertua dengan maraknya evolusi internet.

Dan menurut wikipedia netscape navigator ini adalah browser web gagasan mozilla firefox. Tapi sayangnya netscape navigator ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak pendukung yaitu AOL, Dan memberikannya kepada mozilla foundation.

2. Internet Explorer IE

Internet explorer yang bisa disingkan IE atau MSIE adalah perangkat lunak untuk browsing internet besutan microsoft yang gratis. internet explorer versi 1 ini diluncurkan pada 16 Agustus 1995.
Bahkan tujuh tahun silam, Microsoft boleh berbangga, sebab Internet Explorer 5 adalah web browser terbaik yang ada.

Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default disemua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk mengupdate

3. Opera

Opera adalah browser internet, paket perangkat lunak internet antar platform.
Opera browser ini dibuat oleh Opera software yang ada di Oslo, Norwegia.
Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia.
Opera dikenal memiliki banyak fitur yang akhirnya ditiru oleh kompetitornya. Dan juga opera browser ini hanya memiliki pangsa yang sedikit. Tetapi untuk penjelajahan internet di hp opera minilah yang nomer satu

Selain itu Opera juga menawarkan banyak fitur seperti browser pop-up, integrasi dengan tool translasi, filter URL, low bandwith dan banyak lagi

Dengan logo " O " berwarna merah , banyak kalangan yang mengakui kelebihannya. Kelebihan utama browser Opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain.

4. Mozilla firefox

Siapa yang tidak kenal dengan browser yang hampir pasti ada disetiap piranti komputer, laptop, ataupun notebook.
Browser yang aslinya bernama phoenix ini dikembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan sukarelawan. Yang pasti browser mozilla firefox ini gratis dan bisa dihampir semua OS, semisal windowsXP.
Browser ini memiliki keunggulan dalam hal tampilannya yang cukup sederhana. Kinerja akses internetnya memiliki kecepatan yang sangat tinggi, baik untuk download, maupun upload file.

Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya.
Pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware.

Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.

Mozilla Firefox versi 1.0 diluncurkan pada 9 November 2004 dan sekarang telah sampai ke versi paling ahkir 5. Bahkan sekarang ini FireFox untuk ponsel sudah dikembangkan untuk sistem operasi Maemo(Sistem operasi yang dikembangkan oleh Nokia dan Intel) dan Android(Sistem operasi milik perusahaan besar Google). Pada versi awalnya FireFox tersebut memiliki kelemahan yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.

5. Google Chrome
Google chrome adalah penjelajah internet besutan Google dengan menggunakan mesin wedering WebKit yang dinamakan Chromonium.
Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa.
Google Chrome saat ini bahkan menyediakan web browser terbaru mereka yaitu "Google Chrome With 3D"
Browser 3D ini dapat terwujud karena adanya HTML5. HTML yang merupakan singkatan Hyper Text Markup Language merupakan file teks/file ASCII dan berisikan intruksi untuk browser agar menampilkan suatu tampilan grafis pada sebuah halaman web.

6. Safari Browser

Safari adalah browser internet buatan Apple inc. Sebenar safari browser berlogo gambar kompas ini ditujukan oleh sistem operasi MAC OS, tapi sekarang sudah bisa dipasang di OS keluarga windows.
Browser Safari sekarang ini merupakan browser andalan untuk produk buatan Apple seperti komputer Mac, tablet iPad, ponsel iPhone, dll.

7. iCab
Aplikasi iCab yang berlogo mobil ngebut ini memiliki banyak fitur yang tidak tersedia pada browser Mac lainnya, iCab merupakan pilihan pas untuk pengguna yang mencari browser yang bisa bekerja baik pada semua Mac OS.

8. Flock
Flock browser adalah penjelajah web yang berspesialisasi kepada fitur penyedia jejaring sosial dan merupakan browser sosial internasional dunia pertama yang berbasis pada firefox dengan fitur-fitur menarik untuk memberikan pengalaman berkomunitas sosial di internet sambil browsing.
Flock ini sangat cocok buat anda yang suka membuka friendster, mySpace atau Facebook dan situs-situs komunitas lain.
Perangkat lunak flock ini gratis dan dapat dipakai diberbagai platform.
http://www.flock.com/

9. Wyzo

Wyzo ini merupakan browser yang memprioritaskan kemampuan browsernya pada pengguna yang banyak melakukan download media, seperti video, mp3, dll.
Browser ini merupakan browser yang dikhususkan untuk Mac OS

10. Desktop Web Browser
Dengan desktop web browser ini, anda dapat melihat halaman web atau berselancar di dunia maya langsung dari desktop dan juga menyimpannya sebagai wallpaper dengan Desktop Web Browser ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar